Sabtu, 17 September 2011

Menghibur Diri Dengan Sholat

Di tengah kesulitan yang melanda, khususnya krisis perekonomian, banyak orang merasa putus asa dalam hidupnya. Belum lagi berbagai persoalan lain yang tak kunjung habisnya.Saking putus asanya, tak jarang dari mereka memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri, naudzubillah….  Oleh karena itu, disinilah agama mengajarkan kita untuk selalu berserah kepada Sang pemilik segalanya,  Allah swt.
Islam memang agama yang sempurna. Perintah sholat tak hanya menjadikan umat Islam wajib melaksanakannya, namun begitu banyak manfaat di balik sholat bila kita mengkajinya. Salah satunya adalah membuat hati tenang dan terhibur.
Sholat dapat membuat kita terhibur. Terutama bila dilakukan dengan khusyuk. Nabi Muhammad saw pernah berkata kepada Bilal ra yang pada waktu  itu sedang  tampak lesu menghadapi penatnya kehidupan.”Hiburlah  kita dengan sholat, hai Bilal!” kata Nabi Muhammad saw.
Menghibur hati dan diri tidaklah harus dengan dilakukan dengan biaya yang mahal ataupun dengan luapan perasaan yang terlalu gembira. Banyak orang yang merasa bahwa dengan berlibur ke suatu tempat ataupun bersenang-senang di diskotik akan dapat menghilangkan stress dan kepenatan. Namun, hal tersebut hanya dapat  menghilangkan stress untuk sejenak. Begitu waktu liburan sudah habis, mereka akan kembali berkutat dengan kesibukannya masing-masing dan cenderung menjadi stress kembali.
Sebagai gantinya, sebenarnya kita bisa menghibur hati sekaligus mengistirahatkan diri dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.  Pelesir dan berlibur ke tempat rekreasi boleh dilakukan sesekali, itu pun bila situasi dan kondisi (terutama keuangannya) memungkinkan. Oleh karena itu, seorang muslim ketika dilanda kepenatan, kegelisahan, dan kesulitan, hiburan yang wajib dilakukan adalah kembali mengingat Allah swt, yaitu dengan berzikir kepada Allah swt, membaca Al Quran, serta melaksanakan segala yang disunnatkan-Nya.
Dengan begitu, Allah swt akan memberikan kita ketenangan hati dan jiwa. Hiburan yang akan diberikan Allah swt bila kita selalu taat pada-Nya insya Allah tak hanya di dunia, namun di kelak di akhirat juga. Wallahu a’lam bish-shawab.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Belajar. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Blogger Showcase