Sabtu, 17 September 2011

Al-Quran Sebagai Pedoman

Hal pertama yang harus dilakukan dan harus dimiliki oleh setiap orang dalam segala bentuk ativitasnya adalah pedoman, yang kemudian dapat kita sebut sebagai sebuah pedoman kerja. Sebuah pedoman mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas yang akan ia lakukan, mulai dari pembukaan hingga penutupan. Pedoman yang menjelaskan kepadanya tentang apa saja yang ia butuhkan dalam aktivitasnya, bagaimana mengawali aktivitasnya, metode yang terbaik untukmenjalankannya, dan bagaimana ia harus mengakhirinya. Dengan pedoman itu, maka seseorang akan memperoleh cara yang benar dan terbaik untuk melakukan segala bentuk aktivitasnya. Dengan pedoman kerja tersebut, seseorang tidak akan salah atau dapat meminimalisir kesalahan dalam aktivitasnya, dan kemudian memperoleh hasil akhir yang terbaik.
Untuk dapat melakukan suatu aktivitas dengan baik, maka seseorang membutuhkan pemahaman yang baik terhadap pedoman atau petunjuk untuk melakukan aktivitas tersebut. Dan untuk memahami dengan baik atau menguasai suatu pedoman kerja, maka seseorang harus melakukan kontak yang intensif dengan pedoman kerja yang dimilikinya. Terlebih lagi jika aktivitas atau pekerjaan yang akan ia lakukan adalah sebuah pekerjaan yang sulit dan dalam jangka waktu yang panjang, yang tidak monoton karena di dalamnya terdapat banyak sub-sub pekerjaan dan sub-sub metode yang juga harus dijalani. Dalam hal ini tentu saja membutuhkan kontak yang kontinyu antara si pekerja dengan pedoman kerjanya, karena setiap saat ia akan mendapatkan sub pekerjaan dan sub metode kerja yang baru.
Seperti itu jugalah harusnya setiap manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Mereka harus memiliki pedoman yang sesuai, yang akan menunjukkan kepada manusia tentang cara menjalani kehidupan ini dengan metode yang terbaik. Sehingga di akhir kehidupannya, ia akan mampu untuk memetik hasil yang terbaik dari perjalanan dan perjuangan hidupnya.
Sebagai umat muslim, Al Quran dan As Sunnah adalah pedoman tetap yang tidak dapat di gantikan oleh apapun juga. Al Quran sebagai kitab suci umat Islam yang bernilai Robbani memiliki kandungan yang sangat menyeluruh dan berlaku sepanjang masa bagi seluruh umat manusia. Yang akan memberikan petunjuk bagi seluruh manusia yang beriman kepada Allah swt dan Al Quran, sehingga tidak akan salah dan tersesat dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini. Sementara As Sunnah akan memberikan penjelasan-penjelasan secara rinci mengenai kandungan Al Quran yang memang dapat dikatakan sebagai kitab suci yang menggunakan bahasa sastra tingkat tinggi tersebut.
Kehidupan adalah sebuah perjalanan yang cukup panjang bagi manusia, yang di dalamnya terdapat banyak peristiwa, permasalahan, dan berbagai macam aktivitas yang harus di laluinya, suka atau tidak suka. Banyak hal-hal baru yang senantiasa menanti manusia di hari esoknya. Oleh karena itu, manusia hendaknya senantiasa mengintensifkan kontaknya dengan pedoman hidup mereka, yaitu Al Quran bagi umat muslim.
Al Quran adalah petunjuk yang terbaik bagi manusia, dan petunjuk yang paling utama yang tidak dapat digantikan oleh apapun dan buatan siapapun bagi umat muslim. Al Quran telah memberikan informasi tentang rahasia-rahasia kehidupan. Al Quran menunjukkan bagaimana menjalani kehidupan ini dengan sebaik-baiknya, menunjukkan kepada manusia mengenai alasan dan tujuan hidup mereka, kemana kehidupan mereka akan dibawa, serta dimana dan bagaimana mereka akan mengakhiri kehidupan di dunia yang fana ini. Al Quran juga menuntun manusia untuk menuju kehidupan yang terbaik di dunia dan di akhirat.
Al Quran mengatur metode-metode ibadah dan bermuamalah, berhubungan dengan sesama manusia, dengan sesama makhluk ciptaann-Nya, dan dengan Pencipta-Nya (Allah swt). Al Quran tidak hanya memberikan petunjuk tentang kehidupan di dunia saja, melainkan juga petunjuk mengenai kehidupan di akhirat. Begitu lengkap dan mulianya Al Quran, namun entah kenapa masih banyak saja manusia yang meninggalkannya dan atau tidak mau beriman kepadanya.
Al Quran yang merupakan pedoman hidup umat muslim selama di dunia, untuk menggapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat, saat ini tampaknya kedudukannya sudah semakin terasing di dalam jiwa umat muslim itu sendiri. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab utama semakin berantakannya kehidupan di dunia ini. Karena semuanya sudah melaju di luar undang-undang Allah swt.
Sungguh aneh jika ada seorang muslim yang mengabaikan dan meninggalkan Al  Quran, padahal ia mengerti bahwa Al Quran merupakan kitab suci yang akan memberikannya maslahat hingga akhirat.
Tanpa Al Quran dan tanpa mengikuti petunjuk-petunjuk dari Al Quran maka kehidupan di dunia tidak akan berjalan dengan penuh kedamaian. Karena Al Quran adalah sebuah pengumuman kepada seluruh manusia dari Allah swt mengenai rahasia-rahasia kehidupan di dunia dan di akhirat. Barangsiapa mengikuti Al Quran secara menyeluruh dan kontinyu dengan penuh keikhlasan maka bahagialah kehidupan mereka di dunia dan di akhirat. Namun barangsiapa yang meninggalkan Al Quran dari jalan hidupya, maka kesesatan dan kebinasaanlah yang akan menyambutnya.
Wahai saudaraku di jalan Islam, marilah senantiasa kita hidupkan Al Quran dalam kehidupan dan di dalam jiwa raga kita. Terangi hati dan jalan kehidupan ini dengan Al Quran. Buka hati dan mata kita dengan Al Quran. Yakinlah bahwa hanya Al Quran semata yang dapat menjadi pedoman hidup yang terbaik bagi seluruh umat manusia.
Demikian, semoga Allah swt memberikan kemampuan, kemauan, dan kesempatan kepada kita semua untuk senantiasa menghidupkan dan merealisasikan Al Quran jiwa dan raga dalam kehidupan sehari-hari. Amin.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 Belajar. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Blogger Showcase